Sabtu, 03 Agustus 2013

makalah Pengaruh Perkembangan Dunia Islam Terhadap Umat Islam Di Indonesia

Makalah Pengaruh Perkembangan Dunia Islam Terhadap Umat Islam Di Indonesia
Penyusun;maminakromanurlailiwakhidiyah (manlw)
makalah Pengaruh Perkembangan Dunia Islam Terhadap Umat Islam Di Indonesia makalah Pengaruh Perkembangan Dunia Islam Terhadap Umat Islam Di Indonesia makalah Pengaruh Perkembangan Dunia Islam Terhadap Umat Islam Di Indonesia makalah Pengaruh Perkembangan Dunia Islam Terhadap Umat Islam Di Indonesia makalah Pengaruh Perkembangan Dunia Islam Terhadap Umat Islam Di Indonesia makalah Pengaruh Perkembangan Dunia Islam Terhadap Umat Islam Di Indonesia makalah Pengaruh Perkembangan Dunia Islam Terhadap Umat Islam Di Indonesia makalah Pengaruh Perkembangan Dunia Islam Terhadap Umat Islam Di Indonesia

DAFTAR ISI

I.                PENDAHULUAN
1.1                          LATAR BELAKANG...............................................
1.2                        TUJUAN ...................................................................
II.             ISI
2.1 PengaruhperkembanganDunia Islam terhadapUmat Islam di Indonesia .............................................................
III.         PENUTUP
3.1  KESIMPULAN ..........................................................
                 3.2 SARAN.....................................................................

PENDAHULUAN

1.      Latar Belakang
Saat ini diperkirakan terdapat antara 1.250 juta hingga 1,4 miliar umat Muslim yang tersebar di seluruh dunia. Dari jumlah tersebut sekitar 18% hidup di negara-negara Arab, 20% di Afrika, 20% di Asia Tenggara, 30% di Asia Selatan yakni Pakistan, India danBangladesh. Populasi Muslim terbesar dalam satu negara dapat dijumpai di Indonesia.Pembaruan di negara-negar timur tengah tidak hanya tersebar di lingkungan mereka sendiri, namun juga meluas hingga ke indonesia.Pengaruh-pengaruh dari pembaruan tersebut menyebabkan timbulnya gerakan Paderi. Gerakan tersebut ingin membersihkan ajaran Islam yangtelah bercampur baur dengan perbuatan-perbuatan yang bukan Islam. Hal ini
menimbulkan pertentangan antargolongan adat dan golongan Paderi. Pada awal abad ke 20 banyak bermunculan organisasi – organisasi dan kelembagaan islam di indonesia antara lain Muhammadiyah (18 November 1912).Al Irsyad (1914 M).Persatuan Islam (1923).Serikat Dagang Islam (1911).Jamiatul Nahdatul Ulama/NU (13 Januari 1926).Matla’ul Anwar (1905). PergerakanTarbiyah / PERTI (1928).Persatuan Muslim Indonesia / PERMI (22 Mei 1930.Majelis Islam Ala Indonesia (1937)


2.      Tujuan
·         Mendiskripsikan pengaruh perkembangan dunia islam terhadap umat islam di Indonesia
·         Mengetahui organisasi – organisasi dan kelembagaan islam di indonesia

ISI
PENGARUH PERKEMBANGAN DUNIA ISLAM TERHADAP
UMAT SLAM DI INDONESIA

Pembaharuan  dinegara-negaratimurtengahtidakhanyatersebar di lingkunganmerekasendiri, namunjugameluashinggake Indonesia. Pengaruh-pengaruhnyaantaralainsebagaiberikut:
a)      Gema pembaharuan yang dilakukan oleh Jamaludin Al Afgani dan
Syekh Muhammad Abdul Wahab sampai juga ke Indonesia terutama terhadap
tokoh-tokohseperti H. Muhammad Miskin (KabupatenAgam, Sumbar), H.Abdul
Rahman (Kab Lima Puluh Kota, Sumbar),  H Salman Faris (KabTanahDatar,
Sumbar).  Mereka  dikenal  dengan  nama  H.  Miskin,  H.Pioabang dan H.
Sumaniik. Sepulang dari tanah suci mereka terilhami oleh paham Syekh
Muhammad Abdul Wahhab. Mereka pulang dari tanah suci pada tahun 1803 M dan
sebagaipengaruhpemikiranparapembaharuTimur Tengah tersebutadalah
timbulnyagerakanPaderi. Gerakantersebutinginmembersihkanajaran Islam yang
telahbercampurbaurdenganperbuatan-perbuatan yang bukan Islam. Hal ini
menimbulkanpertentanganantaragolonganadatdangolonganPaderi.

b)      Padatahun  1903  M,  murid-muriddariSyekh  Ahmad  Khatib
AlMinangkabawy, seorangulamabesarbangsa Indonesia di Mekahyangmendapat
kedudukanmulia di kalanganmasyarakatdanpemerintah Arab kembalidaritanah
suci. Murid-muriddariSyekh Ahmad inilahyangmenjadipeloporgerakan
pembaharuan  diMinangkabau,  danakhirnyaberkembangkeseluruh Indonesia.
Merekaantaralainsebagaiberikut: SyekhH. Abdul Malik KarimAmrullah (Buya
Hamka), SyekhDaudRasyidi,SyekhJamilJambikdan KH. Ahmad Dahlan (pendiri
Muhammadiyah).
c)      Munculnya berbagai organisasi dan kelembagaan Islam modern di Indonesia pada awal abad ke 20, baik yang bersifat keagamaan,politik maupun ekonomi organisasi tersebut sebagai berikut:
1.      JamiatulKhair (1905 M)
yangmerupakanwadahlembagapendidikandanpengkaderangenerasimudapenerusperjuaganislamdanberlokasi di Jakarta.
2.      Muhammadiyah (18 nov 1912)
MuhammadiyahsecaraetimologiartinyapengikutNabi Muhammad.Adalahsebuahorganisasi non-politis yang bertujuanmengembalikanajaran Islam sesuaidengan al-Quran danSunnahNabi Muhammad saw; memberantaskebiasaan yang tidaksesuaidenganajaran agama (bid’ah) danmemajukanilmu agama Islam di kalangananggotanya. Organisasiinididirikanoleh KH.Ahmad Dahlan di Yogyakarta pada 18 Nopember 1912.DalamAnggaranDasarMuhammadiyah yang baru, telahdisesuaikandengan UU no.8 tahun 1985 danhasilMuktamarMuhammadiyah ke-41 di Surakarta padatanggal 7-11 Desember 1985, Bab 1 pasal 1 disebutkanbahwaMuhammadiyahadalahgerakan Islam dandakwahamarma’rufnahimunkar yang berakidah Islam danbersumberpada al-Quran danSunnah. Sifatgerakannyaadalah non-politik, tapitidakmelaranganggotanyamemasukipartaipolitik.Hal inidicontohkanolehpendirinyasendiri, KH Ahmad Dahlan, dimanabeliaujugaadalahtermasukanggotaSarekat Islam.
3.      Al Irsyad (1914 M)
Organisasiiniberdiritanggal 6 September 1914 di Jakarta, duatahunsetelahMuhammadiyahberdiri, danbisadibilangsebagaisempalandariJami’atulKhair.Diantaratokoh al-Irsyad yang terkenaladalahsyeikh Ahmad Surkati, berasaldari Sudan yang semulaadalahpengajar di Jami’atulKhair.Al Irsyadinimengkhususkandiridalamperbaikan (pembaharuan) agama kaummusliminkhususnyaketurunan Arab SebagiantokohMuhammadiyahpadaawalberdirinyajugaadalahkader-kader yang dibinadalamlembagapendidikanAlIrsyad.Saatitu al-Irsyadsudahmemiliki Madrasah Awaliyah (3 tahun), Madrasah Ibtidaiyah (4 tahun), Madrasah Tajhiziyah (2tahun), dan Madrasah Mu’allimin yang dikhususkanuntukmencetak guru.
Al-Irsyadbergerakbukanhanyadalambidangpendidikan, tapijugabidang-bidang lain sepertirumahsakit, pantiasuhandanrumahyatimpiatu.
4.      Persatuan Islam (Persis)
Persisadalahorganisasisosialpendidikandankeagamaan.Didirikanpadatanggal 17 September 1923 di Bandung atasprakarsa KH.Zamzamdan Muhammad Yunus, duasaudagardarikota Palembang. Organisasiinidiketuaipertama kali oleh A. Hassan, seorangulama yang terkenalsebagaiteman dialog Bung Karnoketikaiadipenjara. Bung KarnobanyakberdialogdenganA.Hassanlewatsurat-suratnya. Pemikiran-pemikirankeagamaan Bung Karnoselaindari HOS Cokroaminoto, jugabanyakberasaldariA.Hassanini.
DiantaratujuanPersisiniadalah :
a. Mengembalikan kaum Muslimin kepada Al-Quran dan Sunnah (hadis nabi)
 b. Menghidupkan ruh jihad dan ijtihad dalam kalangan umat Islam
 c. Membasmi bid’ah, khurafat dan takhayul, taklid dan syirik dalam kalangan umat Islam
 d. Memperluas tersiarnya tabligh dan dakwah Islam kepada segenap lapisan masyarakat
e. Mendirikan madrasah ataupesantrenuntukmendidikputra-putrimuslimdengandasar Quran danSunnah.
5.      Sarekat Islam (SI)
Sarekat Islam (SI) padaawalnyaadalahperkumpulanbagiparapedagangmuslim yang didirikanpadaakhirtahun 1911 di Solo oleh H. Samanhudi. NamasemulaadalahSarekatDagang Islam (SDI).Kemudiantanggal 10 Nopember 1912 berubahnamamenjadiSarekat Islam (SI). H.Umar Said Cokroaminotodiangkatsebagaiketua, sedangkanH.Samanhudisebagaiketuakehormatan. Latarbelakangdidirikannyaorganisasiinipadaawalnyauntukmenghimpundanmemajukanparapedagang Islam dalamrangkabersaingdenganparapedagangasing, danjugamembentengikaummuslimindarigerakanpenyebaran agama Kristen yang semakinmerajalela.DengannamaSarekat Islam dibawahpimpinan H.O.S. Cokroaminotoorganisasiinisemakinberkembangkarenamendapatsambutan yang luarbiasadarimasyarakat. Dayatarikutamanyaadalahasaskeislamannya.Dengan SI mereka (umat Islam) yakinakandibelakepentingannya.
6.      NahdlatulUlama
(NU) artinyakebangkitan para ulama. AdalahsebuahOrganisasisosialkeagamaan yang dipeloporioleh para ulamaataukiyai. MerekaituialahK.H.HasyimAsy’ari, K.H.WahabHasbullah, K.H.BisriSyamsuri, K.H.MasAlwi , dan K.H.Ridwan. Lahir di Surabaya padatanggal 31 Januari 1926 dankinimenjadisalahsatu organisai dan gerakan Islam terbesar di tanah air. Bertujuanmengupayakanberlakunyaajaran Islam yang berhaluanAhlussunnahWaljama’ah dan penganutsalahsatu dari empatmazhabfiqih (Imam Hanafi, Imam Syafi’i, Imam Hambali dan Imam Maliki).
Padamulanya NU initidakmencampuriurusanpolitik.Ialebihmemfokuskandiripadapengembangandanpemantapanpahamkeagamaannyadalammasyarakat yang saatitusedanggencar-gencarnyapenyebaranfahamWahabiyah yang dianggapmembahayakanpahamahliSunnahWaljama’ah. Hal initersiratdalamsalahsatuhasilkeputusankongresnya di Surabaya padabulanOktober 1928.
NU semakinberkembangdengancepat.Padatahun 1935 telahmemiliki 68 cabangdengananggota 6700 orang.Padakongrestahun 1940 di Surabaya dinyatakanberdirinyaorganisasiwanita NU atauMuslimatdanPemudaAnshar.
7.      Mathla’ul Anwar
Organisasi ini berdiri tahun 1905 di Marus, Menes Banten. Bergerak dalam bidang sosial keagamaan dan pendidikan. Pendirinya adalah KH. M. Yasin. Tujuannya adalah untuk mengembangkan pendidikan Islam khususnya di kalangan masyarakat sekitar Menes Banten. Aspirasi politik organisasi ini pernah disalurkan melalui Sarekat Islam (SI), tapi perkembangan selanjutnya organisasi ini menjadi netral, artinya tidak ikut dalam kegiatan politik, tapi hanya mengkhususkan diri pada kegiatan sosial dan pengembangan pendidikan Agama. Berkat memfokuskan diri pada pendidikan, organisasi ini sekarang sudah menjadi organisasi berskup nasional. Lembaga-lembaga pendidikannya berupa madrasah-madrasah dari mulai TK sampai Madrasah Aliyah (setingkat SMA) tersebar di seluruh Nusantara.
8.      PergerakanTarbiyah (Perti)
PergerakanTarbiyah (Perti) di Sumatra Barat yang didirikanolehSeyhSulaimanArRasulitahun 1928.Oraganisasiinibergerak di bidangpendidikanmembasmiBid’ahkhurafatdantahayulsertataklid di kalanganumatislam.
9.      Persatuan Muslim Indonesia
Persatuan Muslim Indonesia, ataudisingkatPermi, merupakanpartaipolitikberalirannasionalisme-Islam yang didirikan di Padang Panjangpadatahun 1930. PartaiinikemudianbubarkarenatekananpemerintahHindiaBelanda.padatahun 1937.
PendahuluPermiadalahPersatuan Sumatera Thawalib yang berdiripadatahun 1928.Padakongresnya yang ketiga di Padang Panjang, Persatuan Sumatra Thawalibberubahmenjadipartaipolitik.PadaawalnyaPermibermarkas di kotakelahirannya, namunkemudianpusatpartaiinidipindahkanke Padang.
Permimerupakanpartaipolitik yang aktifmenentangpenjajahanBelanda.Berbedadenganpartai-partailainnya di Indonesia, padamasanyaPermimerangkulbaikasasnasionalismemaupun Islam, danmenempatkannyapadakedudukansejajar.
10.  Majlis Islam A’la Indonesia (MIAI)
MIAI inisebenarnyaberdiripadamasapemerintahanBelanda, yaitutanggal 21 September 1937 di Surabaya sebagaiorganisasifederasi yang diprakarsaioleh K.H. Mas Mansur, K.H. Ahmad Dahlan (Muhammadiyah), K.H. WahabHasbullah (NU) danWondoamiseno (PSII).
Tujuandidirikan MIAI iniadalah agar semuaumat Islam mempunyaiwadahtempatmembicarakandanmemutuskansemuasoal yang dianggappentingbagikemaslahatanumatdan agama Islam.Keputusan yang diambil MIAI harusdilaksanakanolehsemuaorganisasi yang menjadianggotanya.


PENUTUP
1.      Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa gerakan pembaruan yang menyebabkan lahirnya organisasi keagamaan pada mulanya bersifat keagamaan, tetapi seiring dengan kondisi masyarakat pada saat itu kemudian menjelma menjadi kegiatan politik yang menuntut kemerdekaan Indonesia dan hal tersebut dirasakan mendapat pengaruh yang signifikan dari pemikir-pemikir para pembaru Islam.


2.      Saran
Alhamdulillah, segala puji hanya milik Allah. Shalawat dan salam kepada Rasulullah. Berkat limpahan rahmatnya kami mampu menyelesaikan tugas makalah tentang PENGARUH PERKEMBANGAN DUNIA ISLAM TERHADAP UMAT ISLAM DI INDONESIA. Semoga makalah ini bermanfaat untuk memberikan kontribusi kepada siswa-siswi SMAN KESAMBEN. Dan tentunya makalah ini masih sangat jauh dari sempurna. Maka dari itu kami mohon untuk di makhlum karena kami masih dalam tahap pembelajaran. Untuk itu untuk guru pembimbing kami minta masukannya demi perbaikan pembuatan makalah kami yang akan datang.

makalah Pengaruh Perkembangan Dunia Islam Terhadap Umat Islam Di Indonesia makalah Pengaruh Perkembangan Dunia Islam Terhadap Umat Islam Di Indonesia makalah Pengaruh Perkembangan Dunia Islam Terhadap Umat Islam Di Indonesia makalah Pengaruh Perkembangan Dunia Islam Terhadap Umat Islam Di Indonesia makalah Pengaruh Perkembangan Dunia Islam Terhadap Umat Islam Di Indonesia makalah Pengaruh Perkembangan Dunia Islam Terhadap Umat Islam Di Indonesia makalah Pengaruh Perkembangan Dunia Islam Terhadap Umat Islam Di Indonesia makalah Pengaruh Perkembangan Dunia Islam Terhadap Umat Islam Di Indonesia makalah Pengaruh Perkembangan Dunia Islam Terhadap Umat Islam Di Indonesia makalah Pengaruh Perkembangan Dunia Islam Terhadap Umat Islam Di Indonesia makalah Pengaruh Perkembangan Dunia Islam Terhadap Umat Islam Di Indonesia makalah Pengaruh Perkembangan Dunia Islam Terhadap Umat Islam Di Indonesia makalah Pengaruh Perkembangan Dunia Islam Terhadap Umat Islam Di Indonesia makalah Pengaruh Perkembangan Dunia Islam Terhadap Umat Islam Di Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar