Makalah
Pengaruh Perkembangan Dunia Islam Terhadap Umat Islam Di Indonesia
Penyusun;maminakromanurlailiwakhidiyah (manlw)
makalah Pengaruh Perkembangan Dunia Islam Terhadap
Umat Islam Di Indonesia makalah Pengaruh Perkembangan Dunia Islam Terhadap Umat
Islam Di Indonesia makalah Pengaruh Perkembangan Dunia Islam Terhadap Umat
Islam Di Indonesia makalah Pengaruh Perkembangan Dunia Islam Terhadap Umat
Islam Di Indonesia makalah Pengaruh Perkembangan Dunia Islam Terhadap Umat
Islam Di Indonesia makalah Pengaruh Perkembangan Dunia Islam Terhadap Umat
Islam Di Indonesia makalah Pengaruh Perkembangan Dunia Islam Terhadap Umat
Islam Di Indonesia makalah Pengaruh Perkembangan Dunia Islam Terhadap Umat
Islam Di Indonesia
DAFTAR ISI
I.
PENDAHULUAN
1.1
LATAR BELAKANG...............................................
1.2
TUJUAN
...................................................................
II.
ISI
2.1
PengaruhperkembanganDunia Islam terhadapUmat Islam di Indonesia
.............................................................
III.
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
..........................................................
PENDAHULUAN
1.
Latar
Belakang
Saat ini diperkirakan terdapat antara 1.250 juta hingga 1,4
miliar umat Muslim yang tersebar di seluruh dunia. Dari jumlah tersebut sekitar
18% hidup di negara-negara Arab, 20% di Afrika, 20% di Asia Tenggara, 30% di
Asia Selatan yakni Pakistan, India danBangladesh. Populasi Muslim terbesar
dalam satu negara dapat dijumpai di Indonesia.Pembaruan di negara-negar timur
tengah tidak hanya tersebar di lingkungan mereka sendiri, namun juga meluas
hingga ke indonesia.Pengaruh-pengaruh dari pembaruan tersebut menyebabkan timbulnya
gerakan Paderi. Gerakan tersebut ingin membersihkan ajaran Islam yangtelah
bercampur baur dengan perbuatan-perbuatan yang bukan Islam. Hal ini
menimbulkan pertentangan antargolongan adat dan golongan
Paderi. Pada awal abad ke 20 banyak bermunculan organisasi – organisasi dan
kelembagaan islam di indonesia antara lain Muhammadiyah (18 November 1912).Al
Irsyad (1914 M).Persatuan Islam (1923).Serikat Dagang Islam (1911).Jamiatul
Nahdatul Ulama/NU (13 Januari 1926).Matla’ul Anwar (1905). PergerakanTarbiyah
/ PERTI (1928).Persatuan
Muslim Indonesia / PERMI (22 Mei 1930.Majelis
Islam Ala Indonesia (1937)
2.
Tujuan
·
Mendiskripsikan
pengaruh perkembangan dunia islam terhadap umat islam di Indonesia
·
Mengetahui
organisasi – organisasi dan kelembagaan islam di indonesia
ISI
PENGARUH
PERKEMBANGAN DUNIA ISLAM TERHADAP
UMAT
SLAM DI INDONESIA
Pembaharuan dinegara-negaratimurtengahtidakhanyatersebar
di lingkunganmerekasendiri, namunjugameluashinggake Indonesia.
Pengaruh-pengaruhnyaantaralainsebagaiberikut:
a)
Gema
pembaharuan yang dilakukan oleh Jamaludin Al Afgani dan
Syekh Muhammad Abdul Wahab sampai juga ke Indonesia
terutama terhadap
tokoh-tokohseperti
H. Muhammad Miskin (KabupatenAgam, Sumbar), H.Abdul
Rahman
(Kab Lima Puluh Kota, Sumbar), H Salman
Faris (KabTanahDatar,
Sumbar).
Mereka dikenal dengan
nama H. Miskin,
H.Pioabang dan H.
Sumaniik. Sepulang dari tanah suci mereka terilhami
oleh paham Syekh
Muhammad Abdul Wahhab. Mereka pulang dari tanah suci
pada tahun 1803 M dan
sebagaipengaruhpemikiranparapembaharuTimur
Tengah tersebutadalah
timbulnyagerakanPaderi.
Gerakantersebutinginmembersihkanajaran Islam yang
telahbercampurbaurdenganperbuatan-perbuatan
yang bukan Islam. Hal ini
menimbulkanpertentanganantaragolonganadatdangolonganPaderi.
b) Padatahun 1903
M, murid-muriddariSyekh Ahmad
Khatib
AlMinangkabawy,
seorangulamabesarbangsa Indonesia di Mekahyangmendapat
kedudukanmulia
di kalanganmasyarakatdanpemerintah Arab kembalidaritanah
suci.
Murid-muriddariSyekh Ahmad inilahyangmenjadipeloporgerakan
pembaharuan diMinangkabau, danakhirnyaberkembangkeseluruh Indonesia.
Merekaantaralainsebagaiberikut:
SyekhH. Abdul Malik KarimAmrullah (Buya
Hamka),
SyekhDaudRasyidi,SyekhJamilJambikdan KH. Ahmad Dahlan (pendiri
Muhammadiyah).
c)
Munculnya
berbagai organisasi dan kelembagaan Islam modern di Indonesia pada awal abad ke
20, baik yang bersifat keagamaan,politik maupun ekonomi organisasi tersebut
sebagai berikut:
1. JamiatulKhair
(1905 M)
yangmerupakanwadahlembagapendidikandanpengkaderangenerasimudapenerusperjuaganislamdanberlokasi
di Jakarta.
2. Muhammadiyah
(18 nov 1912)
MuhammadiyahsecaraetimologiartinyapengikutNabi
Muhammad.Adalahsebuahorganisasi non-politis yang bertujuanmengembalikanajaran
Islam sesuaidengan al-Quran danSunnahNabi Muhammad saw; memberantaskebiasaan
yang tidaksesuaidenganajaran agama (bid’ah) danmemajukanilmu agama Islam di
kalangananggotanya. Organisasiinididirikanoleh KH.Ahmad Dahlan di Yogyakarta
pada 18 Nopember 1912.DalamAnggaranDasarMuhammadiyah yang baru,
telahdisesuaikandengan UU no.8 tahun 1985 danhasilMuktamarMuhammadiyah ke-41 di
Surakarta padatanggal 7-11 Desember 1985, Bab 1 pasal 1
disebutkanbahwaMuhammadiyahadalahgerakan Islam dandakwahamarma’rufnahimunkar
yang berakidah Islam danbersumberpada al-Quran danSunnah. Sifatgerakannyaadalah
non-politik, tapitidakmelaranganggotanyamemasukipartaipolitik.Hal
inidicontohkanolehpendirinyasendiri, KH Ahmad Dahlan,
dimanabeliaujugaadalahtermasukanggotaSarekat Islam.
3. Al
Irsyad (1914 M)
Organisasiiniberdiritanggal 6
September 1914 di Jakarta, duatahunsetelahMuhammadiyahberdiri, danbisadibilangsebagaisempalandariJami’atulKhair.Diantaratokoh
al-Irsyad yang terkenaladalahsyeikh Ahmad Surkati, berasaldari Sudan yang
semulaadalahpengajar di Jami’atulKhair.Al
Irsyadinimengkhususkandiridalamperbaikan (pembaharuan) agama
kaummusliminkhususnyaketurunan Arab
SebagiantokohMuhammadiyahpadaawalberdirinyajugaadalahkader-kader yang
dibinadalamlembagapendidikanAlIrsyad.Saatitu al-Irsyadsudahmemiliki Madrasah
Awaliyah (3 tahun), Madrasah Ibtidaiyah (4 tahun), Madrasah Tajhiziyah
(2tahun), dan Madrasah Mu’allimin yang dikhususkanuntukmencetak guru.
Al-Irsyadbergerakbukanhanyadalambidangpendidikan,
tapijugabidang-bidang lain sepertirumahsakit, pantiasuhandanrumahyatimpiatu.
4. Persatuan
Islam (Persis)
Persisadalahorganisasisosialpendidikandankeagamaan.Didirikanpadatanggal
17 September 1923 di Bandung atasprakarsa KH.Zamzamdan Muhammad Yunus,
duasaudagardarikota Palembang. Organisasiinidiketuaipertama kali oleh A.
Hassan, seorangulama yang terkenalsebagaiteman dialog Bung
Karnoketikaiadipenjara. Bung KarnobanyakberdialogdenganA.Hassanlewatsurat-suratnya.
Pemikiran-pemikirankeagamaan Bung Karnoselaindari HOS Cokroaminoto,
jugabanyakberasaldariA.Hassanini.
DiantaratujuanPersisiniadalah
:
a.
Mengembalikan kaum Muslimin kepada Al-Quran dan Sunnah (hadis nabi)
b. Menghidupkan ruh jihad dan ijtihad dalam
kalangan umat Islam
c. Membasmi bid’ah, khurafat dan takhayul,
taklid dan syirik dalam kalangan umat Islam
d. Memperluas tersiarnya tabligh dan dakwah
Islam kepada segenap lapisan masyarakat
e. Mendirikan madrasah
ataupesantrenuntukmendidikputra-putrimuslimdengandasar Quran danSunnah.
5. Sarekat
Islam (SI)
Sarekat Islam (SI)
padaawalnyaadalahperkumpulanbagiparapedagangmuslim yang didirikanpadaakhirtahun
1911 di Solo oleh H. Samanhudi. NamasemulaadalahSarekatDagang Islam
(SDI).Kemudiantanggal 10 Nopember 1912 berubahnamamenjadiSarekat Islam (SI).
H.Umar Said Cokroaminotodiangkatsebagaiketua,
sedangkanH.Samanhudisebagaiketuakehormatan.
Latarbelakangdidirikannyaorganisasiinipadaawalnyauntukmenghimpundanmemajukanparapedagang
Islam dalamrangkabersaingdenganparapedagangasing,
danjugamembentengikaummuslimindarigerakanpenyebaran agama Kristen yang
semakinmerajalela.DengannamaSarekat Islam dibawahpimpinan H.O.S.
Cokroaminotoorganisasiinisemakinberkembangkarenamendapatsambutan yang
luarbiasadarimasyarakat. Dayatarikutamanyaadalahasaskeislamannya.Dengan SI
mereka (umat Islam) yakinakandibelakepentingannya.
6. NahdlatulUlama
(NU)
artinyakebangkitan para ulama. AdalahsebuahOrganisasisosialkeagamaan yang
dipeloporioleh para ulamaataukiyai. MerekaituialahK.H.HasyimAsy’ari,
K.H.WahabHasbullah, K.H.BisriSyamsuri, K.H.MasAlwi , dan K.H.Ridwan. Lahir di
Surabaya padatanggal 31 Januari 1926 dankinimenjadisalahsatu organisai dan
gerakan Islam terbesar di tanah air. Bertujuanmengupayakanberlakunyaajaran
Islam yang berhaluanAhlussunnahWaljama’ah dan penganutsalahsatu dari
empatmazhabfiqih (Imam Hanafi, Imam Syafi’i, Imam Hambali dan Imam Maliki).
Padamulanya NU
initidakmencampuriurusanpolitik.Ialebihmemfokuskandiripadapengembangandanpemantapanpahamkeagamaannyadalammasyarakat
yang saatitusedanggencar-gencarnyapenyebaranfahamWahabiyah yang
dianggapmembahayakanpahamahliSunnahWaljama’ah. Hal
initersiratdalamsalahsatuhasilkeputusankongresnya di Surabaya padabulanOktober
1928.
NU semakinberkembangdengancepat.Padatahun
1935 telahmemiliki 68 cabangdengananggota 6700 orang.Padakongrestahun 1940 di
Surabaya dinyatakanberdirinyaorganisasiwanita NU atauMuslimatdanPemudaAnshar.
7. Mathla’ul
Anwar
Organisasi
ini berdiri tahun 1905 di Marus, Menes Banten. Bergerak dalam bidang sosial
keagamaan dan pendidikan. Pendirinya adalah KH. M. Yasin. Tujuannya adalah
untuk mengembangkan pendidikan Islam khususnya di kalangan masyarakat sekitar
Menes Banten. Aspirasi politik organisasi ini pernah disalurkan melalui Sarekat
Islam (SI), tapi perkembangan selanjutnya organisasi ini menjadi netral,
artinya tidak ikut dalam kegiatan politik, tapi hanya mengkhususkan diri pada
kegiatan sosial dan pengembangan pendidikan Agama. Berkat memfokuskan diri pada
pendidikan, organisasi ini sekarang sudah menjadi organisasi berskup nasional.
Lembaga-lembaga pendidikannya berupa madrasah-madrasah dari mulai TK sampai
Madrasah Aliyah (setingkat SMA) tersebar di seluruh Nusantara.
8. PergerakanTarbiyah
(Perti)
PergerakanTarbiyah (Perti) di Sumatra
Barat yang didirikanolehSeyhSulaimanArRasulitahun 1928.Oraganisasiinibergerak
di bidangpendidikanmembasmiBid’ahkhurafatdantahayulsertataklid di
kalanganumatislam.
9. Persatuan
Muslim Indonesia
Persatuan Muslim Indonesia,
ataudisingkatPermi, merupakanpartaipolitikberalirannasionalisme-Islam yang
didirikan di Padang Panjangpadatahun 1930.
PartaiinikemudianbubarkarenatekananpemerintahHindiaBelanda.padatahun 1937.
PendahuluPermiadalahPersatuan
Sumatera Thawalib yang berdiripadatahun 1928.Padakongresnya yang ketiga di
Padang Panjang, Persatuan Sumatra
Thawalibberubahmenjadipartaipolitik.PadaawalnyaPermibermarkas di
kotakelahirannya, namunkemudianpusatpartaiinidipindahkanke Padang.
Permimerupakanpartaipolitik yang
aktifmenentangpenjajahanBelanda.Berbedadenganpartai-partailainnya di Indonesia,
padamasanyaPermimerangkulbaikasasnasionalismemaupun Islam,
danmenempatkannyapadakedudukansejajar.
10. Majlis
Islam A’la Indonesia (MIAI)
MIAI
inisebenarnyaberdiripadamasapemerintahanBelanda, yaitutanggal 21 September 1937
di Surabaya sebagaiorganisasifederasi yang diprakarsaioleh K.H. Mas Mansur,
K.H. Ahmad Dahlan (Muhammadiyah), K.H. WahabHasbullah (NU) danWondoamiseno
(PSII).
Tujuandidirikan MIAI iniadalah agar
semuaumat Islam mempunyaiwadahtempatmembicarakandanmemutuskansemuasoal yang
dianggappentingbagikemaslahatanumatdan agama Islam.Keputusan yang diambil MIAI
harusdilaksanakanolehsemuaorganisasi yang menjadianggotanya.
PENUTUP
1.
Kesimpulan
Dapat disimpulkan bahwa gerakan pembaruan yang menyebabkan
lahirnya organisasi keagamaan pada mulanya bersifat keagamaan, tetapi seiring
dengan kondisi masyarakat pada saat itu kemudian menjelma menjadi kegiatan
politik yang menuntut kemerdekaan Indonesia dan hal tersebut dirasakan mendapat
pengaruh yang signifikan dari pemikir-pemikir para pembaru Islam.
2.
Saran
Alhamdulillah, segala puji hanya milik Allah. Shalawat
dan salam kepada Rasulullah. Berkat limpahan rahmatnya kami mampu menyelesaikan
tugas makalah tentang PENGARUH PERKEMBANGAN DUNIA ISLAM TERHADAP UMAT ISLAM DI
INDONESIA. Semoga makalah ini bermanfaat untuk memberikan kontribusi kepada
siswa-siswi SMAN KESAMBEN. Dan tentunya makalah ini masih sangat
jauh dari sempurna. Maka dari itu kami mohon untuk di makhlum karena kami masih
dalam tahap pembelajaran. Untuk itu untuk guru pembimbing kami minta masukannya
demi perbaikan pembuatan makalah kami yang akan datang.
makalah Pengaruh Perkembangan Dunia Islam Terhadap
Umat Islam Di Indonesia makalah Pengaruh Perkembangan Dunia Islam Terhadap Umat
Islam Di Indonesia makalah Pengaruh Perkembangan Dunia Islam Terhadap Umat
Islam Di Indonesia makalah Pengaruh Perkembangan Dunia Islam Terhadap Umat
Islam Di Indonesia makalah Pengaruh Perkembangan Dunia Islam Terhadap Umat
Islam Di Indonesia makalah Pengaruh Perkembangan Dunia Islam Terhadap Umat
Islam Di Indonesia makalah Pengaruh Perkembangan Dunia Islam Terhadap Umat
Islam Di Indonesia makalah Pengaruh Perkembangan Dunia Islam Terhadap Umat
Islam Di Indonesia makalah Pengaruh Perkembangan Dunia Islam Terhadap Umat
Islam Di Indonesia makalah Pengaruh Perkembangan Dunia Islam Terhadap Umat
Islam Di Indonesia makalah Pengaruh Perkembangan Dunia Islam Terhadap Umat
Islam Di Indonesia makalah Pengaruh Perkembangan Dunia Islam Terhadap Umat
Islam Di Indonesia makalah Pengaruh Perkembangan Dunia Islam Terhadap Umat
Islam Di Indonesia makalah Pengaruh Perkembangan Dunia Islam Terhadap Umat
Islam Di Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar